PEMUTARAN VIDEO ANIMASI DAN SOSIALISASI BUKU KOMIK "MARI MENGENAL ENERGI BARU TERBARUKAN" DI MAMUJU

Anda di sini

Depan / PEMUTARAN VIDEO ANIMASI DAN SOSIALISASI BUKU KOMIK "MARI MENGENAL ENERGI BARU TERBARUKAN" DI MAMUJU

PEMUTARAN VIDEO ANIMASI DAN SOSIALISASI BUKU KOMIK "MARI MENGENAL ENERGI BARU TERBARUKAN" DI MAMUJU

Pernah engkau melihat lingkungan sangat sehat

Bersih indah dan sehat membuat hati terpikat

Bersih hijau dan sehat mebuat hati terpikat
Alamnya serba asri, orangnya penuh kasih

Sejuk dan segar hawanya bikin semua betah”

Demikian lagu yang dinyanyikan anak-anak SD Inpres Rimuku Kabupatan Mamuju Sulawesi Barat saat mengawali kegiatan pemutaran video animasi dan sosialisasi Komik Energi Baru Terbarukan.  Video dan Komik adalah dua dari beberapa jenis produk komunikasi yang dihasilkan oleh BaKTI untuk menyebarluaskan pengetahuan yang dihasilkan dari Proyek Pengetahuan Hijau. Kedua produk pengetahuan ini menargetkan pelajar sekolah dasar kelas IV, V dan VI sebagai sasarannya. Energi Baru Terbarukan merupakan tema yang diangkat untuk Komik dan Video animasi produksi pertama.

Indonesia memiliki beragam potensi energi baru terbarukan. Beberapa di antaranya adalah energi, surya, dimana kerapatan rata-rata energi matahari yang diterima Indonesia adalah 4,8 KWh/m2 per hari. Energi angin  dengan rata-rata 2-6 m/det bahkan di daerah Nusa Tenggara kecepatan angin rata-rata tahunan dapat melebihi 5 m/det. Potensi tenaga air Indonesia pun terbilang cukup besar, mencapai 75.000 MW. Sayangnya pemanfaatan sumberdaya air untuk penyedia listrik nasional baru dimanfaatkan 10,1% atau sebesar 7,572 MW. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi biomassa sebagai sumber energi baru terbarukan.

Beragam sumber energi baru terbarukan ini perlu diketahui sejak dini oleh anak-anak di Indonesia, khususnya anak-anak yang tinggal di daerah kepulauan atau di pulau-pulau kecil, dimana sumber energi yang tersedia dan akses terhadap pengetahuan baru masih sangat terbatas. Komik dan video animasi ini akan menjadi jendela visual yang menambah khazanah anak-anak mengenai beragam potensi energi baru terbarukan yang ada di Indonesia untuk dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik di masa depan. Pengenalan akan beragam sumber energi bagi anak-anak ini juga diharapkan dapat membuka wawasan mereka akan peluang-peluang yang tersedia di masa depan dalam mengelola sumberdaya yang ada dan melakukan inovasi teknologi energi baru terbarukan .

SD Inpres Rimuku Mamuju menjadi lokasi pertama di Sulawesi Barat untuk sosialisasi Komik dan Video Animasi, sekolah ini direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju karena merupakan sekolah yang menjadi binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mamuju. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2016 melibatkan 60 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa kelas IV, 20 orang siswa kelas V dan 20 orang siswa kelas VI. Hadir pula perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju, KCD Mamuju, Pengawas SD, Pemerintah Kecamatan, serta Perwakilan MCA-I.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Sekolah SD Inpres Rimuku Ibu, Hj. Sri Handayani Lestari, S.Pd menyampaikan terima kasih karena  SD Rimuku terpilih sebagai lokasi sosialisasi komik dan pemutaran video animasi. Kegiatan ini sangat penting karena generasi sekarang harus tahu “Apa itu energi baru terbarukan” sehingga mereka mampu memanfaatkannya dan dapat belajar menghemat energi fosil yang ada.  

Afdhaliyanna Ma’rifah selaku perwakilan BaKTI mengharapkan Komik dan Video Animasi dapat menjadi tambahan bahan ajar  sehingga pemahaman akan Energi Baru terbarukan bisa ditularkan kepada siswa lain tidak hanya kepada 60 siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini, juga hadir Ibu Nurlina Latif, District Relationship Manager MCA-Indonesia untuk Kabupaten Mamuju. Dalam sambutanya Ibu Nurlina mengharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan generasi yang cinta akan lingkungan dan  melalui energi baru terbarukan anak-anak lebih terbuka dan menghemat energi yang ada sekarang dalam hal ini fosil dan berharap pula kegiatan serupa bisa tersebar luas khususnya di Kabupaten Mamuju.

Usai sambutan, kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh Host, Darni Samad, dilanjutkan dengan pemutaran video animasi yang berdurasi 15 menit yang kemudian dilanjutkan dengan sesi membaca komik. Setiap anak yang hadir mendapat satu buku komik yang diharapkan bisa menjadi buku bacaan mereka. Untuk mengetahui apakah siswa bisa menyerap informasi yang disampaikan dalam film dan komik yang dibagikan, di setiap akhir sesi diadakan kuis yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait Energi Baru Terbarukan. Beberapa anak juga tampil bermain role play sebagai sumber energi baru terbarukan. 
Di akhir kegiatan, para siswa dibagian lembaran post test, hal ini sebagai bahan evaluasi BaKTI untuk mengetahui sejauh mana informasi yang disampaikan lewat video dan komik bisa diserap oleh siswa.

Feedback
Share This: