Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Timur

Anda di sini

Depan / Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Timur

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Timur

Mana dimana energi terbarukan
Energi terbarukan adalah matahari
Energi terbarukan adalah angin
Energi terbarukan adalah arus air
Energi terbarukan adalah biomassa

Lirik lagi “Anak Kambing Saya” diubah oleh Kak Heru dari Rumah Dongeng bersama dengan Pak Mursyid menjadi host Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Lombok Timur melalui Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” yang dilaksanakan oleh Yayasan BaKTI sebagai salah satu penerima hibah Aktifitas Pengetahuan Hijau – Kemakmuran HIjau MCA – Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 22 Juli 2016 bertempat di Gedung Wanita Lombok Timur, dihadiri tidak kurang dari 200 anak SD Kelas 4, 5 dan 6 dari 4 sekolah yaitu SDN 1, 2, 3 Pancor serta SDN 3 Selong. Dalam sambutan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab. Lombok Timur Bapak Drs. M. Chairul Wazni, M.Pd menyampaikan apresiasinya terhadap produk pengetahuan video animasi dan komik yang diperuntukkan khusus untuk anak-anak sekolah dasar, untuk mengenal lebih jauh serta memanfaatkan sumber – sumber energy baru terbarukan yang ternyata potensinya sangat luar biasa di pulau Lombok. Harapannya bagi sekolah-sekolah, materi ini dapat menjadi salah satu sumber bahan pengajaran di sekolah. Selain anak-anak SD dan guru pendamping, juga hadir beberapa perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur, Pengawas Sekolah, Perwakilan Kwarcab Pramuka Lombok Timur, serta media Salarapang TV. Kegiatan yang sama juga akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur minggu depan.


Video animasi dan komik ini bertujuan untuk menjadi jendela visual yang menambah khazanah anak-anak usia Sekolah Dasar mengenai beragam sumber energi baru terbarukan yang ada di Indonesia untuk dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik di masa depan. Pengenalan akan beragam sumber energi ini juga diharapkan dapat membuka wawasan mereka akan peluang-peluang yang tersedia di masa depan dalam mengelola sumberdaya dan melakukan inovasi teknologi energi baru terbarukan.


Kegiatan yang berdurasi 2 jam ini dikemas semenarik mungkin untuk anak-anak, mulai dari mereka tiba telah disuguhkan oleh lantunan lagu anak-anak, kemudian penampilan Tari Tongklek dan Pantomim dari SDN 3 Pancor semakin menambah keceriaan anak-anak di pagi itu. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, diawali dengan menonton video dan dilanjutkan dengan membaca komik.  Oleh host dibagi menjadi 4 kelompok energy yakni Kelp. Energi Matahari, Energi Angin, Energi Arus Air dan Biomassa masing-masing membaca bab bagian masing-masing. Host yang mengawal kegiatan ini memberikan beberapa kuis untuk melihat sejauh mana pemahaman anak-anak mengenai materi yang disajikan dan hasilnya sangat luar biasa, anak-anakpun berlomba-lomba angkat tangan menjawab kuis. Selain kuis, ada yel-yel juga yang dipersembahkan oleh tiap sekolah untuk menambah keseruan acara ini. Guru-guru yang mendampingi pun ikut aktif mengarahkan anak-anak untuk tetap tertib.
Di akhir acara, host mengajak anak-anak menyanyikan lagu “Inaq Tegining Amaq Teganang“ adalah lagu daerah dan semua anak-anak ini hapal lirik lagu yang menceritakan kisah Ibu dan Bapak memelihara sapi banyak sekali, filosofinya bahwa Pulau Lombok ini sedari dulunya memiliki potensi sumber daya yang banyak yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber energy baru terbarukan.

Feedback
Share This: