Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Utara

Anda di sini

Depan / Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Utara

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Utara

Mana energimu….ini energiku….teriakan semangat anak-anak SDN 1 Tanjung dan SDN 2 Tanjung memecah keheningan pagi ini Aula Kantor Bupati Lombok Utara. Sebanyak 100 orang anak SD kelas 4, 5 dan 6 hadir dalam kegiatan Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” yang dilaksanakan oleh Yayasan BaKTI sebagai salah satu penerima hibah Aktifitas Pengetahuan Hijau – Kemakmuran HIjau MCA – Indonesia. Dalam sambutan dari Yayasan BaKTI yang diwakili oleh Ibu Ita menyampaikan tujuan dari video dan komik ini diharapkan menjadi jendela visual yang menambah khazanah anak-anak mengenai beragam potensi energi baru terbarukan yang ada di Indonesia untuk dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik di masa depan. Pengenalan akan beragam sumber energi bagi anak-anak ini juga diharapkan dapat membuka wawasan mereka akan peluang-peluang yang tersedia di masa depan dalam mengelola sumberdaya yang ada dan melakukan inovasi teknologi energi baru terbarukan.
Beragam sumber energi baru terbarukan ini perlu diketahui sejak dini oleh anak-anak di Indonesia, khususnya anak-anak yang tinggal di daerah kepulauan atau di pulau-pulau kecil, dimana sumber energi yang tersedia dan akses terhadap pengetahuan baru masih sangat terbatas. Harapan bagi pihak sekolah, materi ini dapat menjadi bahan ajar dan referensi pembelajaran di sekolah. ”Anak-anak yang hadir hari ini memang hanya sebagian kecil dari penduduk pulau Lombok tapi 100% masa depan bangsa Indonesia” kalimat penutup dari sambutan Ibu Ita.


Dari MCA – Indonesia, sambutan dibawakan oleh Ibu Nina Hernidiah, beliau menyampaikan bahwa begitu banyak sumber potensi sumber energi terbarukan di pulau Lombok, sebut saja di Lombok Utara terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Desa Selengen dan Pembangkit Listrik Mikro Hidro di Desa Bentek. Sesekali, anak-anak perlu berkunjung langsung ke pembangkit listrik ini untuk melihat secara langsung praktik dan pengelolaan sumber energi baru terbarukan. Di akhir sambutan, Ibu Nina menyampaikan harapan video dan komik ini bisa menginspirasi anak-anak serta guru-guru.  


Kegiatan ini dikemas semenarik mungkin dan semudah mungkin anak-anak bisa paham mengenai energi baru terbarukan, host dan pendongeng yang membantu memfasilitasi kegiatan ini adalah Kak Wawan dan Kak Khusnul dari Kerajaan Dongeng.  Ada kuis dengan hadiah menarik yang diberikan kepada anak yang bisa menjawab dengan tepat pertanyaan dari host seputar materi energi baru terbarukan yang disajikan lewat video dan komik. Anak-anak saling berlomba dan sangat antusias menjawab pertanyaan. Pada sesi membaca komik, anak-anak dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok membaca 1 bagian sumber energi baru terbarukan seperti : matahari, angin, arus air dan biomassa dan setelah itu host memberikan kuis sesuai dengan bagian yang telah mereka baca. Tidak hanya anak-anak, guru-guru pendamping pun terlihat semangat dan antusias mendampingi dan mengarahkan anak-anak untuk tetap tertib. ”Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, memang sebelumnya anak-anak telah diajarkan mengenai sumber energi tapi masih sebatas pada energi yang tak dapat diperbarui. Ini adalah hal yang baru bagi kami dan kami dengan senang hati menjadikan materi ini sebagai tambahan bahan ajar di sekolah” ucap Ibu Nuraini, guru SDN 1 Tanjung.


Di akhir acara, Kak Wawan menutup dengan memberikan pesan untuk tetap menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan yang ada di sekitar kita untuk masa depan anak cucu kita.

 

Feedback
Share This: