Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik "Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan" di Sumba Timur

Anda di sini

Depan / Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik "Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan" di Sumba Timur

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik "Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan" di Sumba Timur

Indonesia memiliki beragam potensi energi baru terbarukan. Sebut saja energi surya, dimana kerapatan rata-rata energi matahari yang diterima Indonesia adalah 4,8 KWh/m2 per hari. Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi panas bumi sekitar 20GW atau sekitar 40% dari potensi geotermal dunia.

Sebagai negara agraris, dimana sebagian besar lahan dimanfaatkan untuk usaha-usaha pertanian, perkebunan dan peternakan, maka tak heran bila Indonesia juga memiliki potensi biomassa sebagai sumber energi baru terbarukan. Sebut saja pemanfaatan bagian-bagian tumbuhan tertentu dan bahkan tinja hewan untuk diolah untuk memenuhi keutuhan energi rumah tangga.

Beragam sumber energi baru terbarukan ini perlu diketahui sejak dini oleh anak-anak di Indonesia, khususnya anak-anak yang tinggal di daerah kepulauan atau di pulau-pulau kecil, dimana sumber energi yang tersedia dan akses terhadap pengetahuan baru masih sangat terbatas. Komik dan video animasi ini akan menjadi jendela visual yang menambah khazanah anak-anak mengenai beragam potensi energi baru terbarukan yang ada di Indonesia untuk dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik di masa depan. Pengenalan akan beragam sumber energi bagi anak-anak ini juga diharapkan dapat membuka wawasan mereka akan peluang-peluang yang tersedia di masa depan dalam mengelola sumberdaya yang ada dan melakukan inovasi teknologi energi baru terbarukan.

Yayasan BaKTI telah memproduksi video animasi dan buku komik tentang energi baru terbarukan, dan hari ini 20 Juli 2016 BaKTI mengadakan kegiatan Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik "Mari Mengenal energi Baru Terbarukan" yang berlokasi di SD Praimarada Kecamatan Lewa, Sumba Timur.  Acara diawali dengan pembukaan oleh salah seorang guru, kemudian sambutan dari Kepala Sekolah SD Praimarada, ibu Dorkas Manuhuku yang sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada MCA-Indonesia dan BaKTI yang telah mengadakan kegiatan ini, juga ucapan terima kasih kepada Hivos yang telah membangun PLTS di sekolahnya hingga saat ini mereka boleh menikmati listrik untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Sambutan lainnya dari BaKTI yang disampaikan Ricky Djojobo yang berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi anak-anak di Sumba. Sambutan terakhir disampaikan oleh Provincial Resident Manager MCA-Indonesia wilayah NTT, bapak Frans Harum mewakili MCA-Indonesia yang mengapresiasi kegiatan-kegiatan nyata yang dilaksanakan BaKTI seperti hari ini dan berharap kepada guru agar pengetahuan tentang energi baru terbarukan ini bisa menjadi bahan ajaran di sekolah.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 orang terdiri atas murid dan guru yang dipandu oleh ibu Yublina Pandarangga sebagai host.  Kegiatan dibuka oleh host dengan mengajak anak-anak menyanyi dan melakukan yel-yel agar mereka tetap semangat selama kegiatan berlangung.

Kegiatan dibagi dalam beberapa sesi yakni pengisian pre test oleh anak-anak yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak tentang energi baru terbarukan sebelum menonton dan membaca buku komik. Pak Markus, salah seorang guru yang dilibatkan dalam kegiatan, ikut membantu memberikan arahan dan petunjuk kepada anak-anak bagaimana cara mengisi pre test.  Selanjutnya anak-anak diajak untuk menonton bersama Video Animasi tentang energi baru terbarukan.  Mereka nampak serius dan mencoba memahami dengan baik film tersebut yang bagi mereka adalah sesuatu hal yang baru. Usai menonton, buku komik yang sudah disiapkan  kemudian dibagi kepada anak-anak untuk dibaca. Sesi terakhir, host mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi video maupun buku komik.  Anak yang bisa menjawab dengan baik akan mendapat hadiah berupa alat tulis.

Kegiatan Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik Energi baru terbarukan di SD Praimarada - Sumba Timur ditutup dengan menyanyi bersama lagu Pelangi yang liriknya telah diubah menjadi :
Energi energi
Alangkah banyaknya
Surya angin air
dan juga biomas
Manfaatnya banyak
dan kami tertolong
Energi energi ciptaan Tuhan

Feedback
Share This: