Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa Oleh BCC

Anda di sini

Depan / Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa Oleh BCC

Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa Oleh BCC

Blue Carbon Consortium (BCC) menggelar pelatihan pra tugas fasilitator desa, proyek pengelolaan pengetahuan pembangunan sumberdaya pesisir rendah emisi. Pelatihan ini digelar di Griya Persada Hotel and Convention Center, Yogyakarta selama lima hari sejak 25-30 September 2016.
Pelatihan ini diikuti oleh 14 calon fasilitator desa dari 7 kabupaten di dua provinsi yang menjadi wilayah kerja BCC yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain para calon fasilitator, pelatihan juga diikuti oleh para koordinator kabupaten dan koordinator provinsi.
Acara yang dibuka Minggu malam tanggal 25 September 2016 dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada para calon fasilitator desa perihal kegiatan yang akan mereka lakukan. Dalam sambutan pembukaannya, Prianto Wibowo, team leader BCC mengungkapkan harapannya agar pelatihan tersebut tidak sekadar menjadi pelatihan namun juga sekaligus menjadi ajang berbagi antar calon fasilitator desa. Hal tersebut wajar mengingat semua calon fasilitator desa yang akan resmi direkrut menjadi fasilitator desa tersebut sudah mempunyai pengalaman dari beberapa program sebelumnya.


Para calon fasilitator tersebut dipilih dari ratusan pelamar yang mendaftarkan diri sejak peluang menjadi fasilitator desa dibuka. Mereka dipilih berdasarkan pengalaman dan kemampuan mereka yang dianggap mampu untuk menjalankan tugas dalam proyek pengelolaan pengetahuan pembangunan sumberdaya pesisir rendah emisi. Seleksi ketat diberlakukan mengingat masa kerja proyek yang hanya tersisa hingga Desember 2017.
Pelatihan yang digelar selama lima hari tersebut adalah kegiatan lanjutan dari BCC setelah di kuartal sebelumnya kegiatan berupa perencanaan, assessment dan perekrutan. Direncanakan para fasilitator desa akan mulai bekerja di kuartal lima bulan Oktober 2016.
Dalam pelatihan itu juga para peserta dibekali kemampuan dan bekal dengan Petunjuk Teknis Operasional (PTO). PTO ini sebelumnya sudah dirancang oleh tim BCC bekerjasama dengan koordinator provinsi dan koordinator kabupaten. Pembekalan PTO lebih banyak dilakukan dengan cara simulasi. Para calon fasilitator dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diberi simulasi kegiatan demonstration plot (demplot) sesuai kegiatan yang akan dilakukan di lapangan nanti.


Materi lain yang akan diberikan kepada para calon fasilitator desa adalah teknik dan seni memfasilitasi masyarakat. Materi ini tentu saja sangat penting mengingat para fasilitator desa nantinya akan berhadapan langsung dengan masyarakat.
Selain materi yang diberikan di Griya Persada Hotel & Convention Center, para peserta juga akan dibawa untuk melihat langsung keadaan di sebuah desa. Desa yang dituju adalah Desa Pesisir Tiung, Gunung Kidul dan Desa Wisata Tembi. Peserta bahkan dijadwalkan akan menginap di Desa Wisata Tembi.
Blue Carbon Consortium adalah salah satu penerima hibah MCA-Indonesia. BCC terdiri dari tiga lembaga yaitu: Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (PKSPL IPB), Perkumpulan Pemberdayaan Masyarakat dan Pendidikan Konservasi Alam (YAPEKA) dan Perkumpulan Training and Facilitation for Natural Resources Management (TRANSFORM). BCC fokus pada pengelolaan pengetahuan pembangunan sumberdaya pesisir rendah emisi.

 

Feedback
Share This: