Pelatihan Pekan ke II :Dasar Teknik Energi Terbarukan Bagi Guru SMK di Pulau Lombok

Anda di sini

Depan / Pelatihan Pekan ke II :Dasar Teknik Energi Terbarukan Bagi Guru SMK di Pulau Lombok

Pelatihan Pekan ke II :Dasar Teknik Energi Terbarukan Bagi Guru SMK di Pulau Lombok

Melanjutkan kegiatan pelatihan Dasar Teknik Energi Terbarukan oleh PEKA SINERGI tanggal 16 – 20 Mei lalu, kini memasuki pekan kedua. Acara yang diagendakan mulai dari tanggal 30 Mei hingga 03 Juni 2016 bertempat di Fave Hotel Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Sebanyak 51 guru SMK menghadiri kembali pelatihan yang diagendakan pada pekan minggu kedua tersebut. Dalam pelatihan ini peserta dibagi menjadi tiga kelas diantaranya kelas Teknik Energi Hidro, Teknik Energi Biomass dan Teknik Energi Surya/Angin. Masing masing kelas dilengkapi oleh tenaga pelatih yang berkompeten.


Pelatihan ini sebagai tindak lanjut kegiatan PEKA SINERGI dalam rangka menyiapkan tenaga pengajar yang kompeten di bidang Teknik Energi Terbarukan (TET). Sehingga dengan adanya pelatihan semacam ini dapat menjawab tantangan terkait TET yang ada di Indonesia dan khususnya di Pulau Lombok.
Kegiatan pada pekan kedua ini tidak hanya sebatas di dalam ruangan/kelas, para peserta nantinya akan di bawa kujungan ke lokasi yang sudah menerapkan TET misalnya untuk Teknik Hidro peserta akan mengunjungi PLTM Segara yang berada di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Begitu juga dengan Energi lainnya seperti Instalasi Biogas di Bon Jeruk/ Pujut Mertak Lombok tengah serta program Biogas Rumah oleh Konsorsium Hivos di Gerung Lombok Barat, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Off-Grid) Tangga Selengen, Lombok Utara.

Setelah melaksanakan kegiatan kunjungan lapang peserta pelatihan yang terdiri dari 12 SMK penerima manfaat di wilayah Lombok akan dijadwalkan mengunjungi Laboratorium terkait TET yang ada di Universitas Mataram. Salah satu contoh Laboratorium yang menjadi target kunjungan yaitu Lab. EBT di Fakultas Teknik Universitas Mataram.

Feedback
Share This: