Training of Trainer (TOT) on Technology Readiness Level (TRL)

Anda di sini

Depan / Training of Trainer (TOT) on Technology Readiness Level (TRL)

Training of Trainer (TOT) on Technology Readiness Level (TRL)

Konsorsium GK-PETUAH-MCAI menggelar Training of Trainer (ToT) on Technology Readiness Level (TRL) dalam rangka meningkatkan kemampuan CoE dalam mengukur kesiapan GK product dengan menggunakan perangkat TRL. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, 21-22 September 2016 bertempat di Ruang Gaharu IPB Science Techno Park, Taman Kencana Bogor.

Acara dibuka oleh Direktur GK PETUAH, Prof. Iskandar Z Siregar. Hari pertama diawali dengan pemaparan materi oleh Bapak Noor Asfa Fuad dari Badan Pengkajian  dan  Penerapan Teknologi  (BPPT)  Dr.  Riko  Bintari  Pertamasari, M.Hum dari Balitbang Pertanian dan Dr. I Ketut M Adnyane bertindak sebagai moderator. Peserta yang hadir terdiri dari perwakilan CoE GK PETUAH, UKM Green   Business   (CV.  Biogass,   Ciomas,   Organic/Hayati Fertilizer Producer), KADIN Bogor (UKM Teknologi Hijau), PEMDA Bogor dan BP3IPTEK Jawa Barat.

Pada   hari   kedua,   para   peserta   diminta   untuk mempresentasikan   hasil pengukuran TRL terhadap invensi yang terdapat pada instansi masing-masing dan dilanjutkan dengan pemaparan Lesson Learned Pengelolaan HKI di IPB yang disampaikan oleh Dr. I Ketut M Adnyane. Beliau menjelaskan bagaimana IPB mengelola  invensi  berbasis  paten  hingga  “penanganannya”  menuju komersialisasi berdasarkan kondisi IPB.

Sesi berikutnya, kembali membahas mengenai hasil pemaparan kajian TRL oleh masing-masing kelompok dengan Bapak Noor Asfa Fuad dan Dr. Riko Bintari Pertamasari   sebagai   fasilitator.   Acara   ini   diakhiri   dengan   presentasi   dari Direktur Utama PT. BLST, Dr. Meika S. Rusli, dilanjutkan dengan field visit IPB Science Park.

Sumber: http://petuah.or.id/blog/2016/10/26/training-of-trainer-tot-on-technolog...

Feedback
Share This: