Sosialisasi Program GADING/PROFARM di Sumba Barat

Anda di sini

Depan / Sosialisasi Program GADING/PROFARM di Sumba Barat

Sosialisasi Program GADING/PROFARM di Sumba Barat

Bertempat di Hotel Manandang Waikabubak, Sumba Barat hari ini 19 Januari 2016 telah diadakan Sosialisasi Program GADING/PROFARM oleh HiVOS Consortium. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang program GADING kepada pihak Pemda, masyarakat, swasta, LSM dan pemangku kepentingan lainnya di Provinsi NTT khususnya di Pulau Sumba; Mengidentifikasi langkah-langkah strategis yang perlu diupayakan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan program Gading dengan program yang dilaksanakan oleh Pemda di masing-masing Kabupaten di Pulau Sumba serta mengidentifikasi keterlibatan berbagai pihak dalam melaksanakan program GADING.

 

Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 49 orang yang berasal dari unsur SKPD, LSM, Sekolah Menengah Pertanian dan Perikanan yang ada di 4 Kabupaten di Pulau Sumba, DRM MCA-I, Politani/Researcher, HiVOS, media elektronik dan dibuka oleh Bapak Drs. Umbu Dingu Dedi, Msi selaku Sekda Sumba Barat. Dalam sambutannya Bapak Sekda menghimbau dukungan semua pihak dalam implementasi Program GADING.

 

Pada kesempatan ini, Ibu Elisabeth Arina selaku Koordinator Propinsi NTT dari Yayasan Rumah Energi, anggota mitra HiVOS Consortium menegaskan bahwa dengan adanya program GADING, diharapkan fokus penggunaaan energi terbarukan tidak saja pada produk langsungnya seperti biogas tetapi juga untuk produk sampingan seperti ampas biogas (padat dan cair) yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi. Hal ini ditegaskan juga oleh Pak Yudha Hartanto, Organic Fertilizer Officer Yayasan Rumah Energi bahwa program GADING sebenarnya hendak merangsang ketahanan masyarakat desa dengan fokus pada bisnis pengolahan limbah biogas baik skala rumah tangga maupun lebih luas ke depannya. 

Kegiatan sosialisasi dibagi dalam 2 sesi, pemaparan materi tentang duckweed dan bioslurry yang dirangkai dengan tanya jawab. Selanjutnya pemaparan rencana implementasi kegiatan untuk mendapat input dan komitmen dukungan peserta.

Program GADING merupakan kegiatan pengumpulan dan penyebarluasan informasi pengetahuan ramah lingkungan untuk tenaga kerja terintegrasi yang berkelanjutan dengan fokus pada pengelolaan pengetahuan dan tenaga kerja. Tujuan utamanya untuk meningkatkan penggunaan ampas biogas dan memperkenalkan tanaman duckweed, yang dalam bahasa lokal disebut kayambang atau kembang aik. Duckweed selama ini dianggap sebagai pengganggu ikan peliharaan bagi sebagian pembudidaya ikan, ternyata adalah salah satu tanaman air sebagai pakan ternak yang memiliki protein tinggi.  

Program GADING dilaksanakan oleh Yayasan Rumah Energi sebagai salah satu anggota HiVOS Consortium, yang merupakan penerima hibah aktivitas Pengetahuan Hijau dari Program Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia. **

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.