Sosialisasi Bio-Slurry dan Gender Inclusive Community Development ke CPO di Sumba

Anda di sini

Depan / Sosialisasi Bio-Slurry dan Gender Inclusive Community Development ke CPO di Sumba

Sosialisasi Bio-Slurry dan Gender Inclusive Community Development ke CPO di Sumba

Program BIRU adalah sebuah program untuk menyediakan bahan bakar dari biogas untuk keperluan rumah tangga. Setelah beberapa tahun berjalan dengan 4 rekanan pembangun (Construction Partner Organization/CPO) sudah 485 reaktor biogas yang terbangun di pulau Sumba. Tetapi dibandingkan dengan jumlah populasi dan rumah tangga yang ada di seluruh Pulau Sumba, jumlah ini masih terbilang kecil.

Sementara itu seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai manfaat biogas jumlah peminat biogas rumah semakin meningkat. Apalagi dengan mulai diluncurkanya program GADING yang menitikberatkan pada pemanfaatan bio-slurry. Permintaan masyarakat untuk menjadi bagian dari kerjasama BIRU terus disampaikan baik melalui rekanan (CPO) maupun secara langsung kepada Yayasan Rumah Energi.

Untuk langsung menjawab permintaan masyarakat, langkah-langkah strategis perlu diidentifikasi dan kontrak baru perlu ditandatangani untuk tahun 2016 karena kontrak kerja tahun 2015 telah berakhir.

Yayasan Rumah Energi juga ingin lebih banyak melibatkan para perempuan dan kaum difabel dalam semua proses pembangunan biogas rumah dan pemanfaatannya sehingga pada tanggal 7 Maret 2016 bertempat di Kantor Yayasan Rumah Energi, Waingapu telah dilakukan sosialisasi mengenai inklusifitas gender dalam kegiatan-kegiatan BIRU dan GADING.


Kegiatan ini dihadiri oleh CPO dari 4 Kabupaten di Sumba, yaitu Lembaga Waimaringi, Yayasan Harapan Sumba, Yayasan Foremba dan Koperasi Jasa Peduli Kasih. Tujuan kegiatan ini untuk mengidentifikasikan langkah-langkah strategis yang perlu diupayakan untuk meningkatkan jumlah pengguna Biogas Rumah dan menselaraskan kegiatan-kegiatan program GADING yaitu pemanfaatan pupuk bio-slurry untuk peningkatan pendapatan pengguna biogas rumah.  Selain itu, kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan gender kepada para CPO, mensosialisasikan BoQ yang baru hasil revisi dari BoQ yang lama dan sudah dibahas dalam pertemuan Quality Inspector YRE di Bali bulan Februari 2016 yang lalu serta membahas kontrak kerjasama antara YRE dengan CPO untuk tahun anggaran 2016.

 

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.