Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Tengah

Anda di sini

Depan / Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Tengah

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik “Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan” di Lombok Tengah

“Leq jaman laek araq sopoq cerite
Inaq Tegining Amaq Teganang arane.
Pegaweane ngarat sampi leq tengaq rau.
Sampin sai tekujang kujing leq tengq rau.
Inaq Tegining Amaq Teganang epe ne.
ongkat dengan Tegining Teganang lueq cerite
Ngalahin datu si beleq beleq ongkatne”

Lagu Sasak yang berjudul “Inaq Tegining, Amaq Teganang” yang dinyanyikan oleh 100 anak dengan penuh semangat memecah keheningan jumat pagi di ruang Aula Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Lombok Tengah. Kak Wawan dari Kerajaan Dongeng dan Kak Khusnul sengaja memandu anak-anak menyanyikan lagu ini untuk menambah semangat dan keceriaan sebelum memulai kegiatan “Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik” di Kabupaten Lombok Tengah tanggal 29 Juli kemarin. Lombok Tengah menjadi Kabupaten penutup kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan BaKTI setelah dua kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara.


Bidang Pendidikan Dasar Dikpora Kabupaten Lombok Tengah yang dari awal memfasilitasi kegiatan ini dengan merekomendasikan sekolah yang akan diundang pada kegiatan ini yakni 4 sekolah : SDN 1 Tengari, SDN 2 Tengari, SDN 3 Praya dan SDN 4 Praya terdiri dari 25 orang setiap sekolahnya perwakilan dari kelas 4, 5 dan 6 yang didampingi oleh guru-guru dari tiap kelasnya. H. Sumum Kabid Dikdas dalam sambutannya memberikan semangat dan nasehat kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang akan memegang tongkat estafet masa depan Indonesia, tidak menutup kemungkinan 20 tahun yang akan datang, anak-anak ini akan menjadi ahli dalam bidang energy baru terbarukan. Selain itu, beliau juga mengharapkan baik materi maupun metode penyampaian dari materi ini bisa direplikasikan di setiap sekolah dasar di Kabupaten Lombok Tengah.  Beliau menyampaikan pula terimakasih dan sangat senang bisa memfasilitasi kegiatan yang secara khusus menyasar anak-anak SD  dan harapannya ke depan bisa bekerjasama lagi.


Sama seperti kegiatan sebelumnya, sebelum memulai kegiatan anak-anak diminta untuk mengisi pre test untuk mengetahui tingkat pemahaman mengenai materi yang akan disajikan. Kemudian dilanjutkan dengan nonton bersama video animasi yang berdurasi 7 menit lebih. Tentunya agar lebih menarik dan semangat, Kak Wawan memberikan game/kuis berhadiah menarik pula, kuisnya masih seputar materi energy baru terbarukan. Anak-anak saling berebutan menjawab kuis, membuat Kak Wawan kebingungan memilih sehingga diputuskanlah untuk memilih peserta yang paling unik gayanya. Selama dua jam kegiatan ini, dipenuhi dengan canda tawa anak-anak, guru-guru dan beberapa orang tua yang hadir sekaligus menjemput anak-anaknya.


Pada sesi pembacaan komik, anak-anak dibagi menjadi 4 kelompok sumber energy terdiri dari : Matahari, Arus Air, Angin, dan Biomassa dan masing-masing kelompok memiliki yel-yel dan dipandu oleh guru-guru untuk berdiskusi dan menunjuk wakil yang akan mempresentasikan/berbicara proses secara sederhana perubahan dari sumber energy terbarukan menjadi energy listrik. Selama 10 menit anak-anak berdiskusi dibantu oleh guru-guru dan hasilnya sangat luar biasa, setiap kelompok secara detail menjelaskan proses perubahan dari sumber energy terbarukan menjadi listrik.
Selama kegiatan ada satu guru yang menarik perhatian kami, karena beliau  sangat aktif dan semangat mengikuti sesi demi sesi kegiatan ini. Ibu Baiq Romini namanya, beliau adalah Kepala Sekolah SDN Bogap Lombok Tengah. Beliau sengaja datang dengan inisiatif sendiri jauh-jauh dari sekolahnya untuk mengikuti kegiatan ini, “Sebenarnya saya tidak diundang dalam kegiatan ini, saya mendapatkan informasi tentang kegiatan ini dari teman saya yang juga guru di SDN 1 Tengari, saya tertarik dan saya sangat senang dengan kegiatan ini karena metode penyampaian informasi/materi melalui komik dan video dan diselingi dengan game dan kuis sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain dan terbukti ini lebih mudah dipahami oleh anak-anak”. “Kalau ada kegiatan seperti ini lagi, tolong undang sekolah saya yah mbak”…pinta Ibu Romini mengakhiri percakapan kami siang itu.


Selesai sudah rangkaian kegiatan Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik ”Mari Mengenal Energi Baru Terbarukan”. Semoga kegiatan ini menginspirasi kita semua dan dapat menambah wawasan dan khasanah pengetahuan bagi anak-anak kita. Terimakasih kami kepada seluruh pihak yang telah membantu baik dalam proses persiapan dan pelaksanaan. Kekurangan dalam setiap proses, menempa kami untuk berbuat dan bekerja lebih baik lagi.

Feedback
Share This: