Peluang Usaha dari Ampas Biogas dan Duckweed

Anda di sini

Depan / Peluang Usaha dari Ampas Biogas dan Duckweed

Peluang Usaha dari Ampas Biogas dan Duckweed

Salah satu usaha yang mendapat peluang pasar dalam beberapa tahun ini adalah pupuk organik dan pakan ternak. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah mulai sadar akan kondisi tanah yang semakin menurun dan rendah terutama sifat kimia tanah. Semakin berkurangnya kandungan unsur hara yang ada dalam tanah sehingga menurunkan tingkat kesuburan dan pada akhirnya akan menurunkan hasil pertanian.
Melihat kondisi yang terjadi belakangan ini, HIVOS - Yayasan Rumah Energi melakukan serangkaian kegiatan yang diadakan di lokasi para pengguna biogas. Kegiatan yang diselenggarakan adalah pelatihan dalam pemanfaatan ampas Biogas atau  Bio-Slurry. Kegiatan ini tidak hanya fokus pada pemanfaatan ampas biogas saj, tetapi juga disertai dengan pengenalan dan pelatihan cara budidaya kembang aik atau Duckweed yang memiliki protein tinggi, sangat cocok untuk pakan ikan, unggas maupun pakan ternak lainnya.


Sosialisasi yang diadakan di dusun Lendang Galuh, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara pada hari Jum’at 22 Januari lalu dan dihadiri oleh para pengguna biogas. Para peserta terlihat semangat mendengar paparan singkat tentang cara pengembangan dan pengolahan pakan dari kembang aik (Duckweed) dan tidak sabar untuk mencoba dan menjadikan ini menjadi peluang bisnis. Seperti diketahui, bahwa di dusun Lendang Galuh sebagian besar penduduk merupakan peternak.
Pada kesempatan kali, Bapak Suanto Kepala Dusun turut berbagi cerita seputar Bio-Slurry. Beliau sudah menjalankan usaha pupuk dari Bio-Slurry yang beliau dapatkan dari pengguna biogas. Masyarakat pengguna biogas menjual ampas biogasnya ke Bapak Suanto. Kemudian ampas tersebut diolah hingga menjadi produk yang sudah terkemas rapi. Sebagian lagi masyarakat memanfaatkan ampas biogas ini di sawah mereka.. Harapan dari para pengguna biogas, semoga dengan diperkenalkannya cara pengembangan dan pembuatan pakan ini dapat tercipta peluang-peluang usaha baru dapat meningkatkan pendapatan masyarakat terlebih para pengguna biogas. Tidak menutup kemungkinan di dusun Lendang Galuh akan dibuat usaha budidaya ikan air tawar.

 

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.