Lokalatih Penyusunan Proposal Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM)

Anda di sini

Depan / Lokalatih Penyusunan Proposal Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM)

Lokalatih Penyusunan Proposal Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM)

MCA-Indonesia dalam hibah Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) mengadakan kegiatan Lokalatih penyusunan proposal. Kegiatan ini diadakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat bertempat di Hotel Santika Mataram pada tanggal 13-15 Januari 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kualitas proposal agar memenuhi standar dan memprakarsai koordinasi awal, baik tentang lokasi, kebijakan maupun kegiatan. Dalam acara ini dihadiri oleh BAPPEDA Provinsi NTB yang diwakili oleh bapak Syamsudin selaku Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Sumberdaya Alam. Selain itu hadir juga perwakilan BAPPEDA Kabupaten (Lombok Utara, Tengah dan Timur) dan perwakilan pemerintah NTT. Selain dari pihak pemerintah hadir juga seluruh perwakilan para pengusul hibah baik dari wilayah provinsi NTB maupun NTT. Dari perwakilan MCA-Indonesia diwakili oleh bapak Irfan Baktiar dan bapak hery, PRM, DRM dan team dari Euroconsult Mott MacDonald.

Menurut perwakilan dari MCA indonesia Irfan Baktiar bahwa hibah ini bertujuan untuk mendukung inisiatif dan investasi yang akan memperbaiki pengelolaan sumber daya alam pada tingkat tapak atau pada tingkatan komunitas, serta mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan oleh masyarakat, dalam rangka perbaikan ekonomi rumah tangga, peningkatan produktivitas usaha kecil dan pembangunan ekonomi lokal. Seperti tujuan awal dari Millenium Challenge Account (MCA) adalah menanggulangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi. Kegiatan Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) akan mendukung pencapain tujuan tersebut. Oleh karena itu MCA-Indonesia  memberikan kesempatan kepada LSM lokal (Indonesia), atau kelompok masyarakat, organisasi perempuan, serta organisasi masyarakat sipil lainnya untuk ikut serta dalam program kegiatan ini.

Dalam pembukaan kegiatan ini yang diwakili oleh bapak Syamsudin menghimbau kepada seluruh para pengusul hibah ini agar seluruh kegiatan yang nantinya dapat memberikan manfaat  atau kontribusi dalam penurunan angka kemisikinan terutama di provinsi NTB terlebih pada lokasi target kegiatan. Selain menurunkan angka kemiskinan kegiatan ini harus fokus pada lingkungan hidup dan perbaikan ekonomi masyarakat. Sehingga apa yang direncanakan oleh pemerintah yang tertuang dalam RPJMD dapat berjalan selaras.

Kegiatan Lokalatih ini tidak hanya dilaksanakan di Mataram dan rencananya kegiatan ini dilaksankan di Makassar pada tanggal 18-20 Januari 2016. Peserta yang hadir dalam acara ini 130 orang dari perwakilan para pengusul baik dari NTB maupun NTT.

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.