Kunjungan Lapang: Pemanfaatan POME untuk Pembangkit Listrik PT MUSIM MAS

Anda di sini

Depan / Kunjungan Lapang: Pemanfaatan POME untuk Pembangkit Listrik PT MUSIM MAS

Kunjungan Lapang: Pemanfaatan POME untuk Pembangkit Listrik PT MUSIM MAS

Tim GK PETUAH – IPB melakukan kunjungan lapang Pemanfaatan Palm Oil Mill Effluent (POME) untuk Pembangkit Listrik ke PT Musim Mas, Sorak Pekanbaru Propinsi Riau. Kunjungan dilakukan selama 2 hari, 21-22 September 2016. Tujuannya adalah untuk mengamati secara langsung kebun kelapa sawit yang berkelanjutan (sustainable oil palm plantation), PKS (Pabrik Kelapa Sawit), dan meng-capture best practices pemanfaatan POME untuk pembangkit listrik.

PT Musim Mas merupakan perusahaan swasta berbasis kelapa sawit, yang beroperasi secara global di spektrum industri kelapa sawit termasuk pemanfaatan POME untuk PLTBg (Pembangkit Listrim Tenaga Biogas) yang jumlahnya telah mencapai 9 (Sembilan). Informasi lebih rinci tentang PT Musim Mas dapat dilihat pada laman http://www.musimmas.co.id.

Melalui kunjungan ke instalasi pembangkit listrik biogas dan diskusi pada saat kunjungan lapang di PT Musim Mas ini diharapkan dapat memperkaya penyusunan dokumen best practice dan technical review kegiatan A25 GK PETUAH di kuartal 4 (Q4). Kunjungan ini juga mendiskusikan lebih lanjut topik sustainability dan inisiasi kerjasama riset ke depan.

Sumber: http://petuah.or.id/blog/2016/09/23/kunjungan-lapang-pemanfaatan-pome-un...

Feedback
Share This: