FGD Musyawarah Guru Mata Pelajaran Teknologi Energi Terbarukan

Anda di sini

Depan / FGD Musyawarah Guru Mata Pelajaran Teknologi Energi Terbarukan

FGD Musyawarah Guru Mata Pelajaran Teknologi Energi Terbarukan

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu forum guru mata pelajaran. Tujuan diselenggarakannya MGMP Teknik Energi Terbarukan (TET) SMK dalam Proyek Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Teknologi Energi Terbarukan (PEKA SINERGI) adalah Untuk mendorong para guru guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru profesional dalam bidang energi terbarukan.
Kegiatan FGD MGMP ini rutin dilaksanakan tiap bulannya dan 12 SMK Pilot poject PEKA SINERGI menjadi lokasi diselenggarakannya kegiatan.
Pada tanggal 27 Agustus 2016 SMKN 1 Lingsar menjadi lokasi kedua tempat diadakannya pertemuan tersebut setelah SMKN 3 Mataram menjadi lokasi perdana tempat pertemuan MGMP. Untuk pertemuan bulan berikutnya (September) akan diadakan di SMKN Batukliang Utara. Peserta yang hadir berasal dari 12 SMK Pilot Poject.


Dalam kegiatan FGD ini ada beberapa hal yang dilakukan yaitu evaluasi praktik Lesson Study. Praktik ini diterapkan di tiap sekolah. Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi seorang pendidik dalam hal ini yaitu guru melalui pengkajian secara kolaboratif dan berkelanjutan agar tujuan awal pengembangan TET dapat terwujud.
Diskusi mengenai lesson study dipandu oleh Ibu Rina. Dalam pertemuan ini tiap Sekolah diminta menyampaikan hasil kajian yang di terapkan atau dipraktikkan sebelumnya.
Pertemuan rutin ini dirasakan bermanfaat,  guna mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari solusi alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mengenai pembelajaran TET, selain itu dalam forum ini para guru berbagi mengenai kondisi sekolah di tiap SMK.
Setiap SMK Pilot Project ini memiliki potensi yang berbeda beda sehingga konsorsium KM Utama, Unram dan TEDC Bandung memberikan kesempatan pada tiap SMK sesuai kebutuhan dalam proyek PEKA SINERGI misalnya saja SMKN 1 Lingsar sebagai lokasi penerima manfaat untuk energi terbarukan Mikrohidro.
Kegiatan FGD yang rutin diadakan ini tidak terlepas dari rangkaian persiapan guna terwujudnya tenaga pengajar yang kompeten dan pemahaman mengenai konsep-konsep dasar TET.

Feedback
Share This: