Berkumpul Berdiskusi, Wujudkan Desa Hijau Lestari

Anda di sini

Depan / Berkumpul Berdiskusi, Wujudkan Desa Hijau Lestari

Berkumpul Berdiskusi, Wujudkan Desa Hijau Lestari

Participatory Assessment di Kabupaten Lombok Tengah Laksanakan Rembug Hijau Warga

Lombok Tengah- Acara Rembug Hijau Warga Desa yang dilaksanakan di Dua Desa Program Konsorsium Hijau Kabupaten Lombok Tengah, masing-masing, di Desa Aik Bual Dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu dan Minggu 23 dan 24 Januari 2016 , sementara Di Desa Wajageseng  pada Senin 25 Januari 2016. Kegiatan bertema “ Berkumpul Berdiskusi wujudkan Desa Hijau Lestari” menghadirkan Pemerintah Desa, Kepala Dusun, Kader Hijau Pandu Tanahair, serta dari unsur Kader posyandu, karang Taruna dan Perwakilan tokoh masyarkat di Dua desa.

Masing-masing acara yang berlokasi di Aula desa setempat, dilaksanakan sebagai rangkaian dari kegiatan 12 hari Particypatory Assessment yang dilaksanakan oleh Konsorsium Hijau melalui Area Manager dan fasilitator di Dua Desa. Yuliarni, S.E selaku Area Manager KH Lombok Tengah dalam sambutannya pada acara pembukaan Rembug Hijau di Desa Aik Bual menyatakan, pentingnya kegiatan ini sebagai proses rembug dan diskusi bersama para pihak dan aktor di desa guna menyusun bersama, menyepakati dan berkomitmen untuk melaksanakan apa yang menjadi rencana kegiatan selama Dua tahun ke depan. Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Aik Bual, Zul Karnain yang membuka acara serta memberikan  sambutan serta apresiasi kepada Konsorsium Hijau serta Warga Desa atas partisipasi bersama dalam setiap tahapan kegiatan yang dilaksanakan bersama Fasilitator dan Kader Pandu TanahAir “Dengan kebersamaan ini, tentunya menjadi semangat bagi kita dalam mensegerakan pembangunan desa, bentuk dari tanggung jawab dan komitmen kita dalam memajukan desa kita ini, berbenah lingkungan serta mewujudkan Desa kita menjadi salah satu contoh baik dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan” ungkap Zul Karnain.

Pada sesi selama dua hari di Desa Aik Bual, Rembug Warga ini menghasilkan dokumen penyusunan kerangka kerja pembangunan desa, serta pembentukan Pusat belajar komunitas yang disepakati diberi nama Komunitas Belajar Warga Ikatan Cinta Lingkungan dan Alam” yang disingkat “Kobar Ilalang” terpilih menjadi pengurus antara lain Ahmad Nur selaku Ketua, Sirojudin sebagai Sekretaris, sementara Bendahara terpilih Fatimatuzzahro. Untuk Koordinator . Selain itu, penetapan Koordinator sekaligus mediator di masing-masing dusun antara lain Dusun Bual dikoordinir M. Nasrun, Dusun Pertanian koordinator Mariyanah, Dusun Talun Ambon koordinator Afifudin, Dusun Ramus Dikoordinir Nurhasanah, Dusun Rabuli Koordinator Khairul Anam, Dusun Nyeredep, Zaenudin dan Dusun Bare Eleh dikoordinir Zainul Fahmi.

Pada kegiatan di Desa Aik Bual yang difasilitasi Rahmayati, adanya kesepakatan berupa masukan untuk indikator pengukuran skor desa hijau menjadi salah satu keluaran hasil dari rembug warga.  Di akhir acara sebagai salah satu langkah dan wujud dari komitmen peserta bersama Pemerintah Desa dan Konsorsium Hijau dilaksanakan pula penandatanganan  komitmen kesepakatan bersama. (Maya)

Sumber: http://konsorsiumhijau.org/berita/41-participatory-assessment-di-kabupat...

 

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.