Berbagi dan Belajar Bersama Ilalang

Anda di sini

Depan / Berbagi dan Belajar Bersama Ilalang

Berbagi dan Belajar Bersama Ilalang

Ilalang merupakan singkatan dari Ikatan Bela Alam dan Lingkungan. Nama tersebut dipilih oleh pemuda di Desa Aik Bual, Kab. Lombok Tengah untuk menyebut CLC (Community Learning Center/Pusat Belajar Masyarakat) yang telah mereka bentuk. Ilalang diharapkan akan menjadi wadah bagi seluruh masyarakat Desa Aik Bual untuk saling berbagi informasi, saling belajar serta  menggali potensi diri dan juga desa, melalui berbagai forum diskusi yang dilaksanakan, sebagai tempat untuk pelatihan usaha hijau, energi terbarukan dan juga pertanian terpadu. Selain itu CLC Ilalang juga akan menyediakan perpustakaan sebagai support kepada kaum muda dan masyarakat.
Dalam pelaksanaan proses belajar, CLC juga dilengkapi dengan kurikulum dan aturan kelompok untuk menjaga keselarasan dalam proses belajar yang didasarkan pada kebutuhan dan potensi desa. Beberapa hasil yang diharapkan dari CLC ini yaitu pertama, menghasilkan pengetahuan hijau untuk dapat menjawab masalah-masalah krisis ekologi dan sosial yang ada di desa. Kedua, tersedianya beberapa tenaga terampil pengajar dan pengelola pengetahuan hijau. Ketiga, berfungsinya pusat belajar masyarakat akan berfungsi sebagai sekolah ekologi masyarakat, dan keempat, terintegrasinya pengetahuan hijau ke dalam rencana pembangunan desa dan kebijakan di tingkat kabupaten.
Pemerintah Desa sangat berharap melalui pendampingan selama dua tahun ke depan oleh Konsorsium Hijau akan membantu Desa Aik Bual mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahatera, tentunya komitmen bersama membangun desa menjadi kunci utama.

 

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.