Belanda Ingin Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Laut di NTT

Anda di sini

Depan / Belanda Ingin Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Laut di NTT

Belanda Ingin Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Laut di NTT

Kupang – Belanda berminat untuk meakukan investasi di bidang pengembangan potensi energi listrik di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencananya, pembangkit listrik ini akan mengandalkan arus laut Selat Gonsalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre Koreh mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTT sudah melakukan pertemuan dengan konsorsium di Belanda pada akhir Desember 2015.

“Tim lengkap dari Belanda akan tiba di NTT pada 1-5 Februari 2016. Tim ini akan meninjau lokasi di Larantuka,” kata Andre, di Kupang, seperti dilansir Antara (12/01).

Andre menjelaskan bahwa dari hasil survei awal diketahui arus Selat Gonsalu memiliki kekuatan 2,5 meter perdetik pada bulan gelap dan 3,5 meter pada detik pada bulan terang.

“Di Indonesia ini ada 12 titik arus yang bisa dijadikan sebagai pembangkit energi listrik, dan Selat Gonsalu merupakan yang terbaik,” terangnya.

Menurut Andre, para ahli Turbin di Belanda mengatakan arus Selat Gonsalu mampu menghasilkan listrik 300 MegaWatt. Andre menambahkan bahwa sebelum tim lengkap dari Belanda ke NTT, pihaknya akan melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Menteri ESDM.

“Peraturan perundang-undangan kita belum mengatur tarif listrik tenaga arus. Peraturan hanya mengatur tentang tarif listrik tenaga batu bara, diesel, tenaga uap, maupun Matahari,” jelasnya. (as)

Sumber: http://indonesiatimur.co/2016/01/12/belanda-ingin-bangun-pembangkit-list...

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.