Sosialisasi Berperan Besar Dalam Pembukaan Jurusan Energi Terbarukan di SMK

Anda di sini

Depan /  Sosialisasi Berperan Besar Dalam Pembukaan Jurusan Energi Terbarukan di SMK

Sosialisasi Berperan Besar Dalam Pembukaan Jurusan Energi Terbarukan di SMK

Tiga dari 12 SMK yang tergabung dalam proyek PEKA SINERGI membuka jurusan teknik energi terbarukan pada tahun ajaran 2016/2017. SMKN 3 Mataram membuka program keahlian Teknik Energi Surya dan Angin atau TESA. SMKN 1 Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, membuka jurusan Teknik Energi Biomasa. Sedangkan SMKN 1 Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, membuka jurusan Teknik Energi Hidro.

SMKN 3 Mataram berhasil menjaring 38 siswa untuk jurusan TESA, terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 4 perempuan. Menurut Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram, Umar, upaya penjaringan siswa untuk jurusan baru ini terbilang mudah karena sosialisasi yang dilakukan melalui media televisi setempat sangat efektif. Di SMKN 1 Lingsar, sebanyak 32 siswa mendaftar untuk jurusan Teknik Energi Hidro, 23 persen diantaranya adalah perempuan. Minat siswa yang cukup besar pada jurusan ini diduga karena masyarakat sudah memahami kegunaan dan manfaat dari teknologi energi hidro. Kepala Sekolah SMKN 1 Lingsar, Ruju Rahmad mengatakan, saat ini sudah banyak teknologi energi hidro, baik skala kecil maupun skala besar, yang dibangun di Lombok Barat dan warga sudah merasakan manfaatnya. Sementara itu, jurusan Teknik Energi Biomasa di SMKN 1 Batukliang Utara menjaring siswa dengan komposisi 67 persen siswa laki-laki dan 33 persen perempuan. Menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Batukliang Utara, Lalu Tajudin, masyarakat sekitar yang mayoritas peternak sudah mengenal biomasa dan sebagian sudah menerapkan di rumah tangganya.

Pembukaan jurusan atau paket keahlian baru bidang energi terbarukan merupakan salah satu tujuan dari ke-12 SMK yang tergabung dalam proyek PEKA SINERGI. Rencananya 9 SMK lain akan membuka jurusan ini pada tahun ajaran 2017/2018. Kepala Sekolah SMKN 1 Kuripan, H. Makbullah mengatakan saat ini sekolahnya mulai gencar melakukan sosialisasi jurusan energi terbarukan, agar menarik minat calon siswa. Berbagai metode sosialisasi yang sudah dan akan dilakukan adalah menggandeng media-media lokal, mengadakan berbagai lomba bagi calon siswa SMK, serta menggabungkan acara sosialisasi dengan safari Ramadhan. Ia optimis dengan metode-metode ini, SMK-nya mampu meyakinkan orangtua calon siswa dan menarik minat cukup banyak siswa untuk mendaftar pada jurusan energi terbarukan.

 

Sumber: http://peka-sinergi.com/news/34-news/58-sosialisasi-berperan-besar-dalam...

Feedback
Share This: