Praktik Pembuatan Pakan ternak dan pupuk oleh HiVOS - Yayasan Rumah Energi

Anda di sini

Depan /  Praktik Pembuatan Pakan ternak dan pupuk oleh HiVOS - Yayasan Rumah Energi

Praktik Pembuatan Pakan ternak dan pupuk oleh HiVOS - Yayasan Rumah Energi

Penggunaan pupuk kimia secara berlebih bisa merusak lingkungan dan tanah. Karenanya pemahaman tentang dampak atau efek dari penggunaan pupuk kimia secara berlebihan harus diketahui oleh petani. Sebaliknya, jika petani menggunakan pupuk organik, maka manfaat yang diperoleh cukup besar selain baik untuk tanaman juga akan baik bagi tanah dan lingkungan sekitar. 

Bertempat di kantor Yayasan Rumah Energi pada tanggal 26 Januari 2016 lalu diadakan praktik pembuatan pakan ternak, pembuatan pupuk dan pestisida untuk pemberantasan hama pada tanaman yang diikuti oleh petani, pengguna biogas dan staf YRE.

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu para petani mengurangi pemakaian pupuk kimia yang harganya lebih mahal dan kadang susah didapat dengan penggunaan pupuk organik yang sudah tersedia dilingkungan. Pengolahan pupuk organik sangat mudah dengan bahan- bahan yang mudah didapat.  Harapannya informasi dan kegiatan yang dilaksanakan dapat ditularkan pada masyarakat lainnya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat sepenuhnya.


Praktik dilakukan oleh Pak Yudha dari Yayasan Rumah Energi bersama para petani yang hadir dan mengidentifikasikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh Yayasan Rumah Energi untuk mendukung kegiatan kelompok tani terkait pertanian terintegrasi dengan pemanfaatan limbah bioslurry.
Selanjutnya staff Yayasan Rumah Energi bersama user biogas yang hadir, menyusun jadwal pelatihan bioslurry di lokasi masing–masing yang akan dilakukan sepanjang bulan Februari ini.

 

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.