MCA-Indonesia Dukung Komitmen Pembangunan Rendah Karbon

Anda di sini

Depan / MCA-Indonesia Dukung Komitmen Pembangunan Rendah Karbon

MCA-Indonesia Dukung Komitmen Pembangunan Rendah Karbon

Millennium Challenge Action-Indonesia (MCA-Indonesia) mendukung komitmen pemerintah Indonesia mengurangi emisi gas rumah kaca 29 persen pada 2030 dengan memfasilitasi pengumpulan, penerapan, dan penyebaran pengetahuan terkait strategi pembangunan rendah karbon.

Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, Bonaria Siahaan, di Jakarta, Selasa, mengatakan salah satu wujud dukungan tersebut adalah penyelenggaraan "Green Prosperity Knowledge Fair 2016." MCA-Indonesia adalah pelaksana hibah dari Millennium Challenge Corporation (MCC), lembaga independen pemerintah Amerika Serikat yang bertujuan membantu pengentasan kemiskinan.

"'Green Prosperity Knowledge Fair 2016' merupakan upaya MCA-Indonesia memberikan nilai kepada pengelolaan pengetahuan dari kegiatan 'Proyek Kemakmuran Hijau'. Pengetahuan digali dan disebarkan sehingga melahirkan model-model pembelajaran," kata Bonaria.

Sebagai bagian dari upaya pengelolaan pengetahuan, kegiatan "Green Prosperity Knowledge Fair 2016" mengundang komunitas dan praktisi dari berbagai isu yang menjadi portofolio Proyek Kemakmuran Hijau, yaitu data spasial dan kebijakan satu peta, energi terbarukan, kakao, perhutanan sosial, pengelolaan lahan gambut, dan pengelolaan pengetahuan hijau.

Di forum tersebut, para praktisi dalam masing-masing portofolio akan berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk merumuskan tindak lanjutnya.

Pameran tersebut secara khusus mengundang pihak-pihak yang dianggap berhasil mengelola sumber daya alam dan energi terbarukan.

Pihak-pihak tersebut di antaranya pengurus pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Desa Kamanggih, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dan perusahaan pengembang bioenergi di Sulawesi Selatan.

"Komunitas praktisi dari beragam lembaga, termasuk pemerintah dan masyarakat madani, dapat memetik keuntungan dengan merujuk dan mereplikasi model-model tersebut," kata Bonaria. (cn/ant)

Sumber: http://www.katawarta.com/kesra/mca-indonesia-dukung-komitmen-pembangunan...

Feedback
Share This: