Kunjungan Direktur Eksekutif MCA Indonesia dan Tim di Sumba Timur

Anda di sini

Depan / Kunjungan Direktur Eksekutif MCA Indonesia dan Tim di Sumba Timur

Kunjungan Direktur Eksekutif MCA Indonesia dan Tim di Sumba Timur

Tim MCA Indonesia yang terdiri dari Bonaria Siahaan (Direktur Eksekutif), Tiene Gunawan (Direktur Proyek Kemakmuran Hijau), Sigit Widodo (Associate Director PULP), Novel Abdul Gofur (National Relationship Manager), Sergio Feld (Direktur ESP – MCC), Martin Hardiono (Staf MCC), Sulistio (Bappenas) dan Umbu Randja (DRM Sumba Tengah) melakukan kunjungan lapangan ke pulau Sumba khususnya di Sumba Tengah dan Sumba Timur pada tanggal 12-14 Januari 2016.

Di Sumba Tengah, kunjungan dilakukan ke lokasi kerja Green Consortium untuk mengetahui perkembangan kegiatan yang dilakukan dan rencana kegiatan ke depan. Sementara Di Sumba Timur, lokasi kunjungan berada di Kecamatan Lewa, Desa Wai Wei, tepatnya di Yayasan Sumba Sejahtera yang dipimpin oleh Pak Made Raspita. Yayasan ini sekaligus mengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S). Saat ini YSS sedang mengajukan proposal ke MCA Indonesia untuk Window 2 CBNRM hibah murni yang diperuntukkan bagi LGO untuk isu pertanian berkelanjutan, Energi Baru Terbarukan melalui pendekatan landscape.

Kunjungan ini bertujuan untuk mencari informasi dan klarifikasi tentang bantuan proyek Kemakmuran Hijau yang akan maupun telah didapatkan. Sekaligus identifikasi tantangan dan  hasil-hasil apa yang sudah dicapai lewat dukungan berbagai pihak yang didapatkan selama ini sehingga nantinya dapat dikembangkan lagi lewat program Kemakmuran Hijau.

Diskusi berlangsung kurang lebih selama satu jam dengan fokus pada apa yang selama 2 tahun ini (2013-2015) telah dikerjakan oleh YSS dengan dukungan HiVOS dan Winrock, yaitu Pertanian Holtikultura di Lahan Kering dengan dukungan sistem pengairan tepat guna menggunakan tenaga surya (Water Solar Pumping) dan pemanfaatan biogas. Tepatnya diskusi ini berfokus pada pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Pada kesempatan kunjungan ini, Field Officer Yayasan BaKTI – MCA Indonesia untuk wilayah NTT, Wenda Radja juga bertemu Direktur Eksekutif MCA Indonesia Ibu Bonaria Siahaan dan menjelaskan secara umum peran, fungsi dan kerja Yayasan BaKTI dalam proyek Pengetahuan Hijau.

Kunjungan Tim MCA Indonesia di Sumba Timur diakhiri dengan melihat lokasi Water Solar Pumping.  Ikut pula media nasional Koran Tempo untuk meliput kunjungan ini. **

Feedback
Share This:

Kirim komentar

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Alamat web dan email otomatis akan diubah menjadi link.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.