Berita NTB

Anda di sini

Depan / Berita NTB


Berita Nusa Tenggara Barat

Kunjungan PMC MCA Indonesia ke PEKA SINERGI dan BCC



Pagi itu, cuaca yang mendung dan bunyi rintik air hujan menemani perjalanan tim PMC-GK MCA-Indonesia yang tengah berkunjung ke lokasi penerima manfaat yang mendapatkan bantuan alat terkait energi baru terbarukan (RE) dari kegiatan Green Knowledge. Kunjungan diagendakan selama 4 hari mulai dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 9 Nopember 2017. Tim PMC (Program Management Consultant) GK (Green Knowledge) yang melakukan kunjungan hari itu menjadi satu kesatuan dalam proyek kemakmuran hijau.

Koalisi Nine Desa Kawasan: Bergerak Menuju Perubahan Perempuan



“Politik ternyata bukan hanya yang tingkat tinggi saja, tapi politik juga ada dalam diri pribadi dan bisa juga di tingkat rumah tangga”

(Sahili,  17 Juli 2017)

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik Mari Mengenal HHBK : Hutan Ku dan Masa Depan Ku



Satu persatu utusan tiap sekolah mulai berdatangan memasuki ruang aula Kantor Camat Suela – Lombok Timur yg merupakan lokasi diadakannya pemutaran Video Animasi dan Sosialisai Komik “Mari Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK)”. Tiga sekolah yang diundang melalui rekomendasi dari Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dikpora Kecamatan Suela antara lain SDN 1 Suela, Madrasah Ibtida’iyah (MI) Nahdhatul Wathan Suela dan Madrasah Ibtida’iyah Marakit Suela.

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik “Mari Mengenal HHBK”: Jaga Hutanmu agar Tetap Lestari



Suasana kamis pagi, 05 Oktober 2017 masih terasa dingin, karena lokasi acara pemutaran video animasi dan sosialisasi buku komik berdekatan dengan kawasan hutan dan menjadi wilayah yang paling utara, tepatnya di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Teratak menjadi lokasi berikutnya setelah kegiatan serupa juga diselenggarakan di Kabupaten Lombok Utara.

Membangun Kesadaran Sejak Dini Akan Pentingnya Hutan



Ratusan anak dari tiga sekolah yang berdampingan dengan kawasan hutan kemasyarakatan atau yang biasa dikenal dengan istilah HKm memenuhi ruangan SDN 3 Santong. Ketiga sekolah ini berasal dari SDN 3 Santong, SDN 1 Santong dan MI Baqiayatus Solih. Mereka diundang secara khusus untuk menghadiri kegiatan pemutaran video animasi dan sosialisasi buku komik yang diadakan oleh yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) tanggal 03 Oktober 2017 di Kabupaten Lombok Utara.

Dari Mimpi Menjadi Realita



Pulau Lombok kini mulai dikenal oleh masyarakat dunia. Melalui keindahan dan keberagaman budaya yang dimiliki menjadikan Lombok sebagai referensi dunia yang layak dikunjungi. Semua kalangan bahu-membahu untuk terlibat dalam sektor industri pariwisata yang menjadi penyumbang devisa negara. Mulai dari kalangan pemerintah hingga masyarakat turut ambil bagian dalam upaya pengembangan destinasi wisata. Ditambah lagi saat ini Lombok mendapatkan penghargaan dunia sebagai tempat kunjungan terbaik yang difokuskan untuk bulan madu dan menjadi tujuan wisata halal.

Dari Lahan Kering Untuk Kesejahteraan



Nusa Tenggara Barat memiliki daratan yang didominasi oleh lahan kering, yaitu sekitar 82 % dari luas daratannya. Namun yang sudah dikelola baru sekitar 40% dari angka tersebut. Pengelolaan lahan tersebut masih dilakukan secara konvensional, lahan yang berbentuk ladang tersebut ditanami berbagai jenis tanaman tanpa ada tanaman utama yang menjadi tanaman produksi unggulan. Tanaman-tanaman tersebut umumnya tidak memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan produksi masih relatif rendah.

Modal Sosial sebagai Sarana Membangun Teluk Jor



Waktu itu masih pukul sembilan pagi, tapi matahari sudah terasa cukup terik. Namun beberapa pengurus LPATJ (Lembaga Pemangku Awig-awig Teluk Jor) masih semangat menunggu rombongan Tim dari IPB (Institut Pertanian Bogor), Universitas Mataram, Tim BCC dan SKPD.

Halaman